Perkenalan

Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu'alaikum wa Rahmatullah wa Barakatuh,

Segala puji hanya bagi Allah. Saya memuji-Nya, memohon pertolongan dan ampunan kepada-Nya. Saya berlindung kepada Allah dari kejahatan diri saya pribadi dan kejelekan amal perbuatan saya. Barangsiapa Allah beri petunjuk, maka tiada yang dapat menyesatkannya. Dan barangsiapa Allah sesatkan, maka tiada yang dapat memberinya petunjuk.

Saya bersaksi bahwasanya tiada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali ALLAH semata, tiada sekutu bagi-Nya. Dan saya bersaksi bahwasanya Muhammad shalallahu alaihi wa sallam adalah hamba dan Rasul-Nya.

Semoga shalawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada uswah hasanah, penghulu dan penutup kenabian, pembawa cahaya, insan kamil, Rasul Muhammad shalallahu alaihi wa sallam beserta keluarga, seluruh sahabat yang pernah berjumpa dan membenarkan serta beriman terhadap risalah beliau, ulama, cendikia dan ilmuwan penerus dakwah beliau, dan seluruh umat beliau yang istiqamah di atas risalahnya hingga Hari Akhir kelak. 

*****

Kata orang, tak kenal maka tak sayang. Jika ditamsilkan blog ini adalah sebuah rumah dan saya adalah tuan dan pemilik rumah, dalam dunia realitas tentu tamu yang memperkenalkan diri terlebih dahulu kepada tuan rumah. Tapi dalam banyak hal, hukum dunia realitas tidak berlaku dalam dunia virtual. Untuk keterbukaan dan tanggung jawab terhadap informasi yang disampaikan, dunia virtual menuntut tuan rumah memperkenalkan diri terlebih dahulu kepada tamu-tamu yang berseliweran dalam lalu lintas informasi. Karenanya izinkan saya memperkenalkan diri.

Nama saya Andika Saputra bin Widodo Tjahjono bin Soewadji, biasa disapa Andika atau Dika. Saya hadir di ruang dunia pada 5 Rabi’ul Tsani 1408 Hijrah Nabi bertepatan dengan 26 November 1987 Era Bersama dari rahim seorang wanita bernama Tri Kuswandari binti Soewandi yang menjadikan saya kakak dari seorang adik bernama Indra Saputra. Kata bapak dan ibu, nama saya berarti saudara laki-laki; Andika adalah saudara dan Saputra adalah laki-laki.

ALLAH memberi saya nikmat mengenyam pendidikan formal dalam bidang ilmu arsitektur hingga tingkat Strata-2 sekaligus amanah bagi saya menyandang gelar akademis Sarjana Teknik (S.T) dari Fakultas Teknik Arsitektur Universitas Warmadewa Denpasar-Bali pada tahun 2010 dan Master of Science (M.Sc) dari Fakultas Teknik Arsitektur dan Perencanaan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tahun 2014.

Saya mulai tertarik dengan Sejarah, Teori dan Kritik Arsitektur sejak masih menempuh pendidikan Komputer Arsitektural di New Media College Bali pada tahun 2007. Pada masa itu pula saya mulai berkenalan dengan dunia literasi secara serius, khususnya di bidang keilmuan arsitektur. Pada tahun 2009 saya mulai berkenalan dengan Antropologi Arsitektur dan Metodologi Penelitian di Fakultas Teknik Arsitektur Universitas Warmadewa Denpasar-Bali. Ketertarikan saya dengan tiga konsentrasi tersebut menarik saya untuk mulai mempelajari Ilmu Budaya dan Filsafat yang semakin menjauhkan saya dari ranah teknikal di bidang Arsitektur.

Saat menempuh pendidikan di Universitas Gadjah Mada, ALLAH memberi saya nikmat mendalami Filsafat Ilmu, Metodologi Penelitian dan Antropologi Arsitektur. Mempelajari arsitektur dengan pendekatan antropologi Strukturalisme mendorong saya untuk mempelajari khazanah ilmu budaya hingga berkenalan dengan Kajian Kebudayaan Kontemporer, Cultural Studies dan Semiotika. Di almamater yang sama pula saya berkenalan dengan Sosiologi Arsitektur dengan pendekatan Neo-Marxisme.

Yogyakarta memang kota ilmu, kota bagi orang-orang yang hendak mencari kenikmatan ekstase dari ilmu dan buku. Di Yogyakarta ALLAH memberi saya nikmat berkenalan dengan Islamisasi Ilmu Pengetahuan Kontemporer, khazanah Peradaban Islam, dan tasawuf yang membuat saya dapat lebih luas dan lebih dalam memahami dan meyakini kebenaran Islam. Pada titik tersebut saya mengalami titik balik setelah sebelumnya berkutat dengan khazanah keilmuan Barat dan khazanah keilmuan setempat.

*****

Blog pribadi ini adalah media saya menyampaikan pemikiran dan pandangan, tanggung jawab bagi saya untuk terus belajar, membaca, bertukar pendapat dan menulis, sekaligus arsip bagi saya untuk mengevaluasi pencapaian diri. Sebagai manusia pembelajar tentu tidak ada yang sempurna dari blog ini, karenanya saya selalu membuka pintu kritik, pendapat, masukan dan nasihat. 

Saya ingin menutup perkenalan singkat ini dengan doa teruntuk kedua orang tua dan adik yang telah merawat, mendidik dan menghangatkan saya, serta para guru dan kawan yang telah menggali dan mengukir pemahaman saya. Semoga ALLAH merahmati beliau semua, mengampuni dosa-dosanya, menunjukinya kepada jalan kebenaran dan kelak memasukkannya ke dalam jannah dari pintu mana saja yang diinginkan. 

Selamat datang di rumah virtual saya. Semoga ada manfaat dari jamuan yang terhidang walaupun hanya remah. 

Billahi taufiq wa al-hidayah,
Wassalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

*Data diri dan riwayat ilmiah saya dapat diunduh DI SINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar